DEFINISI DAN JENIS JENIS IKLAN
- 1. PENGERTIAN IKLANPengertian iklan :• Berasal dari bahasa Yunani , kurang lebih pengertiannya “ mengiring orang pada gagasan “• Secara komprehensip “ semua bentuk aktivitas untuk memperkenlakan dabn mempromosikan ide,barang, atau jasa secara non personal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko.• Iklan ialah promosi barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor.• Iklan merupakan suatu investasi ekonomis, dan bagi kebanyakan perusahaan dan organisasi nonprofit, iklan merupakan sebuah investasi yang dianggap sangat menguntungkan. (Shimp, 2000)• Iklan memiliki berbagai macam jenis, berdasarkan sifatnya iklan dibedakan atas iklan niaga dannonniaga. Iklan niaga dibuat untuk mempengaruhi khalayak/masyarakat supaya tertarik untukmemiliki, membeli, dan mengunakan produk yang diiklankan. Iklan nonniaga/layanan masyarakatdibuat untuk menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat mempunyai rasa simpati ataumemberikan dukungan terhadap hal yang diiklankan.• Berdasarkan tujuan, iklan dibedakan atas iklan penawaran/permintaan dan iklan pengumuman.Sedangkan berdasarkan ruang (space), iklan dibedakan iklan baris dan displai. Iklan baris adalahiklan yang menggunakan bahasa singkat dan padat. Iklan baris biasanya disusun berdasarkangolongan yang sama. Misalnya: iklan penjualan rumah masuk dalam kolom properti atau rumah dijual.• Iklan lowongan pekerjaan dan mencari pekerjaan masuk golongan karier, misalnya: pada setiapsurat kabar penggolongan iklan diberi nama yang berbeda-beda. Iklan baris memiliki beberapakomponen, yaitu: komponen aktivitas, produk yang diiklankan, spesifikasi produk, dan identitaspengiklan.Fungsi iklan :Iklan sangat penting karena memiliki fungsi komunikasi yang kritis, yaitu: (Shimp,2000)• MenginformasikanIklan membuat konsumen sadar akan adanya produk baru, memberikan informasi mengenai merktertentu, dan menginformasikan karakteristik serta keunggulan suatu produk.Pada tahap awal dari kategori produk, iklan sangat diperlukan untuk membangun permintan primer(kotler). Iklan merupakan bentuk komunikasi yang efisien karena mampu meraih khalayak luasdengan biaya yang relativ rendah.• MembujukTujuan ini sangat penting pada tahap persaingan, dimana perusahaan ingin membangun permintaanselektif untuk produk tertentu (Kotler, 2000:578). Bebrapa iklan menggunakan comparativeadvertising yang memberikan perbandingan atribut dari dua atau lebih merk/produk secara eksplisit.Iklan yang efektif akan membujuk konsumen utnuk mencoba menggunakan/mengkonsumsi suatuproduk. Kadang-kadang iklan dapat mempengaruhi permintaan primer yang membentuk permintaanuntuk seluruh kategori produk. Seringkali iklan ditujukan untuk membangun permintaan sekunderyaitu permintaan untuk merk perusahaan tertentu.• MengingatkanIklan dapat membuat konsumen tetap ingat pada merk/produk perusahaan. Ketika timbul kebutuhanyang berkaitan dengan produk tertentu, konsumen akan mengingat iklan tentang produk tertentu.Maka konsumen tersebut akan menjadi kandidat pembeli. Iklan dengan tujuan mengingatkan inisangat penting unruk produk matang (kotler, 2000:579)• Memberikan Nilai TambahIklan memberikan nilai tambah terhadap produk dan merk tertentu dengan cara mempengaruhipersepsi konsumen. Iklan yang efektif akan memberikan nilai tambah produk sehingga produkdipersepsikan lebih mewah, lebih bergaya, lebih bergengsi, bahkan melebihi apa yang ditawarkanoleh produk lain, dan secara keseluruhan memberikan kualitas yang lebih baik dari produk lainnya.• Mendukung Usaha Promosi LainnyaDapat digunakan sebagai alat pendukung usaha promosi lainnya seperti sebagai alat untukmenyalurkan sales promotion, pendukung sales representative, meningkatkan hasil dari komunikasipemasaran lainnya.Disamping itu, menurut Tellis (1998) periklanan memberikan dampak terhadap produksi massaldibutuhkan kemampuan suatu perusahaan untuk melayani pasar yang luas. Perusahaan harusmemberi merk produknya dengan nama yang unik sehingga konsumen melakukan permintaanterhadap suatu barang tertentu. Jadi, produksi massal dan pemasaran dapat menguntungkan bilatelah memiliki merk. Kedua, produksi massal membutuhkan kemasan yang baik. Sehinggaperusahaan dapat memberi merk pada kemasan dengan desain dan nama yang unik. Oleh karena itu
- 2. iklan merupakan alat komunikasi perusahaan terhadap konsumen untuk menyampaikan kualitasproduk yang unik yang dapat dilihat dari kemasan unik dan merk produk yang dihasilkan.
- http://triantoroblogs.blogspot.com/2009/10/pengertian-fungsi-iklan.html
Komentar
Posting Komentar